Fakultas Kedokteran Gelar Pelatihan Moulage

Medical Education Unit (MEU) Fakultas Kedokteran (FK) Unsoed menyelenggarakan Pelatihan Moulage bertempat di Ruang Serbaguna Lat.2 FK Unsoed, Jumat (06/10). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti dosen pengajar Kedokteran. Tujuan dari pelatihan ini adalah para peserta diharapkan memahami dasar Moulage untuk pasien standar dengan tepat dan benar dalam membuat penyakit sesuai skenario. Hal ini sebagaimana disampaikan Dekan Dr.dr.Fitranto Arjadi,M.Kes membuka acara tersebut.

Hadir sebagai pembicara dalam Pelatihan Moulage ini adalah dr.Intarniati Nur Rohmah Wibawa,Sp.KF.,M.Si Med. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa Moulage merupakan seniuntuk mengaplikasikan suatu lukaartifisial yang menyerupai luka sebenarnya. “Maoulage ini digunakan untuk tujuan melatih tim tanggap darurat serta personel militer dan kedokteran dengan suatu model perlukaan atau bagian dari perlukaan,gambaran suatu wujud penyakit yang dapat terbuat dari wax,gips dan biasanya diwarnai menggunakan cat/pewarna sehingga tiruan menggunakan wax menyerupai struktur atau perlukaan atau tiruan luka pada kulit,tumor atau kondisi patologis lainnya”, jelasnya.
Acara terakhir dilakukan praktek dengan pasien standar dengan membuat moulage dengan skenario yang sudah ditentukan oleh  dr.Intarniati Nur Rohmah Wibawa,Sp.KF.,M.Si Med dan dilanjutkan diskusi.
Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah!(joyin)

 

Tags: