Fakultas Kedokteran Menggelar Tausyiah “”Keluarga Bahagia yang Sakinah, Mawadah dan Maromah”

Senin 3 April 2017, bertempat diaula lantai 3 Gedung C Fakultas Kedokteran Unsoed. Pengajian rutin awal bulan April minggu pertama dengan tema “Keluarga Bahagia yang Sakinah,Mawadah & Maromah”. Pengajian dibuka oleh Ketua Jurusan Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Unsoed Dr.dr.Eman Sutrisna,M.Kes  dalam sambutannya mengatakan bahwa ilmu membawakan keberkahan dan semoga dengan tauziah ini bisa diterapkan dalam kehidupan dunia dan akhirat. Hadir dalam acara tersebut sebagai penceramah Bapak Ustadz Ir. H. Muhammad Nuskhi,M.Si selaku dosen Peternakan Unsoed dalam ceramahnya adalah :
Sakiinah artinya tenang, tentram
Mawaddah artinya cinta, harapan
Rahmah artinya kasih sayang dan satu kata sambung wa yang artinya dan
Tiga kata utama tersebut sejatinya merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21.
“Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum:21)
Pengertian Sakinah : Sakinah menurut bahasa berarti kedamaian, ketenteraman, ketenangan, dan kebahagiaan. Dalam sebuah pernikahan, Pengertian sakinah berarti membina atau membangun sebuah rumah tangga yg penuh dengan kedamaian, ketentraman, ketenangan dan selalu berbahagia.

Pengertian Mawaddah : Mawaddah menurut bahasa berarti Cinta atau harapan. Dalam sebuah Pernikahan, Cinta adalah hal penting yang harus ada dan selalu ada pada sebuah pasangan suami Istri. Mawaddah berarti Selalu mencintai baik dikala senang maupun sedih.

Pengertian Warrohmah : Warrohmah memiliki kata dasar rohmah yang artinya kasih sayang. dan kata wa disini hanya sebagai kata sambung yang maknanya dan. Didalam sebuah keluarga, kasih sayang adalah hal penting yang harus ada dan selalu di jaga agar impian menjadi keluarga bahagia bisa tercapai.

Maju terus pantang menyerah!!!!!!(joyin)

 

Tags: