Kunjungan SD TopKids Sokaraja Ke FK Unsoed

Fakultas Kedokteran Unsoed menerima kunjungan dari SD TopKids Sokaraja pada hari Rabu, 25 Oktober 2017. Kunjungan tersebut dalam rangka out study yang dilaksanakan secara rutin oleh SD IT TopKids Sokaraja. Peserta out study ini adalah siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD TopKids Sokaraja yang didampingi oleh wali kelas masing-masing. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Bagian Tata Usaha yang dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang Profil Fakultas Kedokteran. Pemaparan profil FK Unsoed ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat FK Unsoed kepada masyarakat. Acara selanjutnya berupa kunjungan ke Laboratorium Pendidikan FK Unsoed. Laboratorium yang pertama dikunjungi adalah Laboratorium Histologi dan Parasitologi. Di Laboratorium ini siswa-siswa dikenalkan dengan mikroskop dan cara menggunakannya.  Mikroskop merupakan alat bantu yang digunakan untuk melihat benda-benda yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Melalui mikroskop ini siswa-siswa antara lain dapat mengamati struktur jaringan normal, stadium nyamuk dan juga telur cacing.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Laboratorium Anatomi. Di Laboratorium Anatomi, para siswa belajar struktur tubuh manusia yang merupakan bagian dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Awal (IPA) yang diperoleh di sekolah. Materi yang diberikan terdiri atas sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem rangka dan sistem indera. Sebelum mendapatkan materi, para siswa mengerjakan soal pretest terlebih dahulu untuk mengetahui pengetahuan awal. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok kecil dan masing-masing kelompok dipandu oleh seorang dosen. Tiap kelompok mendapat materi per sistem selama 10 menit dan melakukan rotasi sehingga mendapatkan semua materi. Selain pemberian materi, siswa juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan diskusi dalam kelompok. Siswa cukup antusias melakukan diskusi dan bertanya materi yang belum dipahami. Pada akhir sesi dilakukan posttest untuk mengetahui pengetahuan setelah diberikan materi.


Secara umum seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar. Pihak sekolah khususnya siswa dan guru mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang menunjang pelajaran di sekolah. Sementara itu, dosen UNSOED berperan sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS) dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara ini juga sekaligus sebagai sarana untuk mengenalkan Fakultas Kedokteran Unsoed kepada masyarakat luas.

 

Tags: