Pengajian Ramadhan “Hindari Sikap Ashobiyah”

Senin 19 Juni 2017 buku, bertempat diaula lantai 3 Gedung C Fakultas Kedokteran Unsoed jalan dr.Gumbreg Nomer 1 Mersi Purwokerto. Pengajian dalam rangka mengisi bulan ramadhan 1438 H dengan tema “Hindari Sikap Ashobiyah”

Pengajian dibuka oleh Kabag Tata Usaha Fakultas Kedokteran Unsoed Endang Istanti,S.H.,MM dalam sambutannya mengatakan akan diadakan buka bersama bersama civitas akademik dan mahasiswa yang akan diadakan tanggal 19 Juni 2017 dan diadakan halal bihalal untuk Fakultas Kedokteran tanggal 3 Juli 2017.

Hadir dalam acara tersebut sebagai penceramah Ustad Ahmad Zayyadi,M.A.,M.H sebagai dosen FISIP Unsoed. Dalam ceramahnya Bulan ramadhan 1438 H adalah :

Ashabiyah adalah dalam pengertian ini bermakna rasa kesukuan dengan pengertian lain, ikatan yang didasarkan atas kesamaan garis keturunan dalam suatu suku. Menurut Ibn khaldun, elan vital bagi kebangkitan dan kemajuan peradaban adalah apa yang disebutnya ashabiyah, istilah ini sudah digunakan sejak masa pra-Islam tetapi dengan konotasi negatif, yakni fanatisme kekabilahan yang sempit yang menghalalkan segenap cara untuk mencapai tujuan mereka sendiri. Ashabiyah seperti sangat dikecam Nabi Muhammad karena bisa menjadi chauvinistis dan bahkan rasis. Ashabiyah dalam pengertian Ibn Khaldun mengandung beberapa pengertian, seperti rasa solidaritas, kesetiaan kelompok, bahkan nasionalisme. Ibn Khaldun membedakan istilah Ashabiyah ini ke dalam dua kelompok yaitu Ashabiyah yang berkaitan dengan kelompok manusia berbudaya hadhar dan Ashabiyah yang berkaitan dengan kelompok manusia primitiv.

Kemajemukan NKRI :

  1. Karakteristik Negara Indonesia :
  • Luas wilayah menempati urutan ketujuh di dunia.
  • Negara kepulauan terbesar di dunia.

 

Macam-macam Fanatisme :

  1. Fanatisme Agama
  2. Fanatisme Aliran / Sekte.
  3. Fanatisme Madzab / Ideologi

 

Tawaran untuk konsep Ukhuwah :

  1. Ukhuwah Basyariyyah / Insaniyah QS Al Hujarat : 13
  2. Ukhuwah Wadaniyah (Warganegara) QS. Al Araf : 85
  3. Ukhuwah Ad Dhiniyah (Antar Umat Beragama) QS.Ali Imron : 103
  4. Ukhuwah Islamiyah (Internal Islam) QS. Al Hujurat :10-13

 

Maju terus pantang menyerah!!!!!!

 

Tags: