Sumpah Dokter Gigi Ke- XI Fakultas Kedokteran UNSOED

Sebanyak 16 dokter gigi baru diambil sumpahnya dihadapan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Fakultas Kedokteran, Para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, Ketua Jurusan Kedokteran Gigi, Wakil Ketua PDGI Kabupaten Banyumas, Para Dosen Jurusan Kedokteran Gigi, Para Orangtua Dokter Gigi Baru, dan Para Tamu Undangan, Rabu (14/3). Pada kesempatan kali ini, Yashinta Ramadhinta berhasil meraih IPK tertinggi dengan nilai 3.95.

Tenaga medis dalam sistem sumberdaya manusia kesehatan di Indonesia, memiliki peranan yang signifikan, khususnya dalam upaya meningkatkan dan menjaga mutu layanan kesehatan masyarakat.  Melalui masyarakat yang sehat, maka kesempatan untuk menjadi produktif dan kompetitif sebagai bangsa lebih berpeluang, daripada bila masyarakatnya dalam kondisi kesehatan yang memprihatinkan. “Dokter gigi sebagai salah satu unsur tenaga medis, tentu saja memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan hal tersebut.  Hal ini semua diawali dalam wujud kapasitas pengetahuan dan keterampilan, kepemilikan etika dan moralitas serta ditunjang oleh kemampuan berkomunikasi yang baik,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Bertempat di Lantai 3 Dekanat Fakultas Kedokteran UNSOED, menyampaikan sambutan Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Dr. Ir. V. Prihananto menyatakan jangan pernah merasa paling hebat dan berhenti untuk belajar karena hal tersebut akan menjadi awal dan pintu gerbang dari kegagalan. “Biasakan diri untuk mengasah terus kepekaan dan selalu mendengarkan suara hati nurani anda sebagai pekerja di bidang kemanusiaan, karena memuliakan kehidupan sejatinya adalah hakikat sekaligus pilihan kehidupan anda sebagai seorang tenaga medis,” jelasnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa sebagai seorang profesional tenaga medis harus membiasakan diri untuk bekerja dengan suasana kolaboratif dan supportif bersama-sama dengan tenaga kesehatan lainnya, serta mampu membangun interaksi yang postif dengan pasien atau klien.

Maju Terus Pantang Mundur, Tidak Kenal Menyerah ! (Ab)

Tags: