Sumpah Dokter Periode Ke-37 : Dokter Baru Senantiasa Memutakhirkan Kapasitas dan Kompetensinya

Setiap profesi memiliki tanggungjawabnya tersendiri, baik secara etika, moralitas maupun substansi yang terkait dengan kompetensinya. Hal ini berlaku juga bagi para dokter, yang merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan kualitas kesehatan pada khususnya, dan kualitas kehidupan masyarakat pada umumnya. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor, yang dibacakan oleh Dekan Fakultas Kedokteran (FK) dr. Fitranto Arjadi, M.Kes dalam acara angkat sumpah dokter periode XXXVII. Kegiatan bertempat di Aula lantai III Gedung C FK Unsoed.

Lebih lanjut disampaikan bahwa para dokter yang baru saja diambil sumpahnya, untuk senantiasa menjaga integritas dengan melandasi diri pada  kode etik sekaligus aturan dan perundang-undangan yang berlaku. “Para dokter  muda ini juga diharapkan untuk senantiasa memutakhirkan kapasitas dan kompetensinya. Sekaligus para dokter yang akan memulai fase baru dalam kehidupan profesinya, untuk mampu membangun komunikasi yang baik dengan para sejawat dan tenaga kesehatan lainnya sehingga mengoptimalkan pelaksanaan tugas profesionalnya”, demikian ungkap Rektor. Rektor juga berpesan kepada para dokter muda untuk : Pertama, melayani dengan empati, Kedua, mengevaluasi diri tiada henti, dan ketiga, menunjukkan kinerja berprestasi.
Pada kesempatan yang sama dr. Untung Gunarto, Sp.S, MM selaku Ketua IDI Cabang Banyumas menyampaikan selamat datang di dunia kedokteran bagi para dokter-dokter baru dan diharapkan para dokter baru harus memiliki sikap yang profesional dan beretika.


Perwakilan Dokter baru Dr.Raditya Bagas W, menyampaikan terima kasih kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang telah mendukung dalam proses pembelajaran di FK Unsoed. “Memohon doa restu, agar para dokter baru dapat selalu menjaga idealitas sebagai seorang dokter, dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh, mengharumkan dan menjaga nama baik FK Unsoed. Semoga kami dapat menjadi dokter yang terdepan dalam ilmu pengetahuan, berbudi akhlaqnya, serta santun tindak tanduknya kepada siapapun”, ungkapnya.

Dalam pengambilan sumpah kali ini, tercatat 32 orang dokter baru yang diambil sumpahnya. Hadir Dekan Fakultas Kedokteran, Para Wakil Dekan, Ketua Jurusan Kedokteran, Perwakilan  RSU Prof dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Ketua IDI Cabang Banyumas, Sesepuh Fakultas Kedokteran dan Para Dokter Baru beserta orang tua.

Maju Terus Pantang Menyerah!

 

Tags: