Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

Sabtu 25 April 2015, pukul 08.00 s/d 10.00, bertempat di Auditorium lantai 3 Gedung C Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Soedirman, telah diadakan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Acara dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Unsoed. Sebagai pelengkap program-program yang telah ada sebelumnya khususnya kewirausahaan, sejak tahun 2009 Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan diseluruh Perguruan Tinggi.

Rr. Diyah Woro Dwi Lestari, S.Psi., MA., sebagai pembicara dalam kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, ketreampilan dan sikap atau wirausaha (entrepeeneurship), berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola piker (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapai persaingan global. Program ini juga bertujuan mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi.

Keberhasilan program ini dilihat dari tiga indicator, yaitu jumlah mahasiswa yang berhasil menjalankan usaha (sebagai wirausaha), terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi, dan terbentuknya lembaga pengembangan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi, dan terbentuknya lembaga pengembangan pendidikan kewirausahaan yang mengkoordinasikan berbagai kegiatan terkait kewirausahaan di perguruan tinggi.

Bantuan modal usaha untuk memulai bisnis (star-up business) (sekurang-kurangnya 70%), besarnya dana tergantung pada jenis usaha dan rencana bisnis yang diajukan mahasiswa.

FK UNSOED, Maju Terus Pantang Menyerah!!(L135)

Tags: